Ayam jago tidak hanya dipelihara di belakang rumah hanya untuk koleksi saja, beberapa ayam jago diikutsertakan dalam pertandingan sabung ayam online. Hanya saja tidak semua ayam jago bisa dijadikan ayam petarung, hanya ayam-ayam jago yang terpilih dan memenuhi kriteria saja yang bisa ikut bertanding. Misalnya saja anda mengadu ayam jago kampung dengan ayam Bangkok yang sudah terbiasa bertarung dalam sabung ayam, tentu ayam jago kampung tersebut akan kalah.

Ayam petarung yang anda pilih untuk menjadi favorit dalam situs sabung ayam s1288 pun tidak boleh sembarangan. Walaupun semuanya adalah ayam petarung, namun tidak semua ayam petarung tersebut bisa bertahan selama pertandingan dan menjadi pemenang. Setidaknya ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan sebelum memilih seekor ayam petarung. Seperti apakah aspek-aspek yang dimaksud di atas? Berikut adalah penjelasannya:

Leher seperti huruf R

  • Leher seperti huruf R

Leher ayam yang memiliki bentuk seperti huruf R digadang-gadang sebagai ayam yang memiliki kontrol yang bagus selama pertandingan. Selain itu ayam tersebut juga memiliki refleks yang bagus dalam menghindari serangan-serangan lawan. Bentuk leher seperti huruf R juga akan memudahkan ayam petarung untuk menghindari kuncian leher.

  • Dada bidang dan tegak

Dada merupakan bagian tubuh yang paling banyak di serang. Apabila anda sering menonton pertandingan sabung ayam di s128 pasti anda sering melihat dada menjadi bagian tubuh yang rawan diserang. Ayam yang kuat dan bisa bertahan dengan baik adalah ayam petarung dengan dada yang bidang dan juga tegak. Dada yang bidang dan tegak juga menunjukkan bahwa ayam tersebut memiliki nafas yang panjang yang mana artinya ayam tersebut tidak mudah kelelahan dan tidak mudah kehabisan tenaga.

Dari ciri-ciri ayam petarung yang baik seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa jenis ayam yang memenuhi kriteria tersebut. Ayam yang dimaksud adalah ayam Bangkok yang memiliki badan besar dan dada yang bidang serta tegak. Selanjutnya adalah ayam Birma, walaupun lebih kecil dari ayam Bangkok namun ayam Birma sangat lincah dalam pertandingan.